Tips : Bagaimana Cara Mengganti Seal Pompa Air Yang Sudah Rusak





Jika pompa air anda mengalami sedikit masalah misalnya saja tidak dapat menghisap air dan kalaupun bisa harus dengan pancingan seperti memasukkan air melalui tutup di atas keong pada pompa dan menutupnya kembali dengan cara ini mungkin sangat merepotkan sekali terlebih harus melakukan secara berulang-ulang sampai air benar-benar naik. Berikut tips Bagaimana cara mengganti Seal Pompa Air yang sudah Rusak :

1.kita akan membuka tutup bagian depan yang berada di keong pompa dengan melepaskkan ke 3 baut ada ke 4 baut yang menutup dengan rapat pompa tersebut dengan menggunakkan kunci 10/8 atau gunakan kunci T / KUNCI PAS yang sifatnya tidak merusak kepala baut.

2.setelah baut terlepas maka langkah pertama adalah melepaskan tutup kipas dengan cara memukul bagian tempat baut tadi dengan menggunakan tukul.

3.setelah terlepas langkah selanjutnya adalah melepaskan kipas kuningan yang terpasang dengan cara memukulkanya dengan menggunakan tukul berukuran kecil pikulah dengan memutar agar kipas tidak mengalami kerusakan yang berat gunakan obeng minus untuk mengungkit kipas tersebut berhati-hati lah, ingat obeng minusnya harus 2 dan ungkitlah dengan se irama agar posisi kipas kuningan tersebut tidak miring,sambil memukul bagian kipas tadi secara perlahan-lahan sampai kipas mulai terangkat dan lepas dengan sendirinya.

4.setelah kipas terlepas maka akan terlihat bagian as pompa air tersebut gunakan alat apa saja untuk membuka kip(cincin yang memiliki 2 telinga yang berlubang) sebaiknya gunakan alat khusus untuk membuka kip tersebut, berbentuk seperti gunting namun ujungnya runcing dan fungsinya untuk merengganggkan kip/cincin tersebut.

5.setelah kip terbuka lalu lepas lah seal yang terdapat di dalam as,dengan cara menariknya hingga terlepas,lalu cek bagianper spiral yang besar,apakah per tersebut sudah lemah,jika lemah ganti saja seal beserta pernya,kemudian bawa per yang rusak tadi sebagai contoh agar ukuranya sama anda harus mencocokkan nya jika sama belilah.dan pasang kembali seal seperti semula.

6.jangan lupa untuk menggencangkan ke empat/tiga baut,penutup kipas tersebut agar air tidak merembes keluar pada saat mesin di hidupkkan,jika air merembes keluar maka pompa tidak dapat menghisap air,meskipun seal nya baru.

Demikianlah artikel mengenai Tips : Bagaimana cara mengganti Seal Pompa Air yang sudah rusak. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan kita mengenai Pompa Air. Kesalahan pada perbaikan bukan menjadi tanggung jawab kami sebagai penulis artikel dikarenakan untuk mengganti seal Pompa Air yang sudah rusak baiknya dikerjakan dengan orang yang terampil di bidangnya.
PT. Terada Engineering Indonesia
PROSPER WITH WATER
Fax     
Phone 
Email
: info@teradapump.id
: 021-5900629
PT. Terada Engineering Indonesia
Jl. KH. Noer Ali Kalimalang No 98, Setia Darma, Tambun Selatan, Bekasi Kode Pos 17510
: 021-5900629
(c) 2016 PT. Terada Engineering Indonesia. All Rights Reserved