Pompa submersible merupakan jenis pompa industri yang dicelupkan ke cairan. Selanjutnya cairan tersebut akan dipompakan oleh pompa submersible menuju arah yang tertentu dalam sebuah industri. Prinsip kerja dari pompa submersible adalah mlakukan dorongan terhadap cairan agar dapat menuju ke permukaan. Dalam pengoperasiannya, pompa submersible harus berada di kisaran suhu tertentu, yaitu empat puluh derajat celcius. Jenis pompa submersible adalah pompa yang harus dioperasikan dengan air. Sehingga jika pompa tersebut tidak difungsikan dalam waktu lama, tentu lebih berisiko mengalami kerusakan. Air yang digunakan pun haruslah air bersih dan memenuhi standar. Ketika pompa submersible dilakukan untuk memompa air dalam kondisi kotor atau tidak dikondisikan dengan baik, maka akan mengganggu fungsi pompa itu sendiri. Lalu bagaimana cara memperbaiki pompa submersible yang rusak? Berikut ini adalah caranya.

Periksa Bagian Kapasitor dan Kumparan Stator Pompa Submersible
Periksalah apa yang menyebabkan pompa submersible tidak mau menyala. Anda dapat memeriksa bagian kapasitor. Jika bagian tersebut rusak, maka gantilah dengan yang baru. Kemudian periksalah bagian ampere di kabel power. Jika daya menunjukkan di atas angka 10 Ampere, maka perlu segera diperbaiki. Karena salah satu yang menyebabkan kerusakan adalah terdapat kerusakan pada bagian lilitan di kumparan stator.

Periksa Bagian Motor dan Putaran Impeller
Periksalah bagaimana semburan yang dilakukan oleh pompa submersible jika masih mau menyala dan bekerja. Jika semburan tersebut hanya terlihat tinggi pada waktu pertama kali menyembur, kemudian semburan lambat-laun semakin lemah atau rendah, maka masalahnya pada volume air. Kemungkinan volume air di dalam pompa submersible tersebut sedikit sehingga semburan yang dilakukan oleh pompa submersible tidak dapat maksimal. Selanjutnya periksa juga pada bagian putaran impeller. Ini Anda lakukan jika bagian tersebut tidak berputar. Kemungkinannya adalah terdapat lilitan dari benda asing seperti benang atau tali.

Periksa Bagian Impeller
Ketika Anda harus memperbaiki bagian impeller, maka jangan lupa untuk memperhatikan letak penempatan dari pompa submersible tersebut. Sebab, setelah Anda selesai memperbaiki bagian impeller tersebut, pompa submersible harus diletakkan di tempat yang semula. Untuk memperbaiki bagian impeller, Anda membuka bagian tersebut guna membersihkannya dari segala macam kotoran maupun benda asing. Namun, Anda perlu mengganti impeller baru jika ternyata bagian tersebut sudah aus. Pastikan Anda memperoleh spare part yang benar-benar original. Setelah impeller dipasang kembali, maka pastikan Anda sudah merakitnya dengan benar. Sebelum diletakkan pada tempat semula, bagian bak harus diukur dahulu debit airnya. Jika debit air terlihat dan bagian ampere motor bekerja, maka Anda dapat memasang pompa submersible kembali.

Periksa Ampere Motor pada saat Running
Selanjutnya, jika setelah Anda melakukan perbaikan namun angka pada ampere motor masih menunjukkan angka lebih dari 10A, yang harus dilakukan adalah memanggil teknisi pompa. Pemeriksaan angka tersebut dapat Anda lakukan saat pompa submersibel dalam kondisi running. Kemungkinan jika pompa submersible belum dapat berfungsi normal, maka ada bagian mesin yang perlu diganti atau diperbaiki langsung oleh teknisi pompa.

Utamanya, untuk memperbaiki pompa submersible yang ada di industri lebih baik langsung memanggil teknisi pompa. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda mengetahui bagaimana cara memperbaiki pompa submersible yang rusak. Dan yang perlu diperhatikan adalah lakukanlah pemeriksaan kondisi pompa submersible secara berkala. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pompa submersible untuk industri.

Kami PT. Terada Engineering Indonesia siap membantu Perusahaan Anda dalam Permasalahan Pompa Industri. Untuk info pemasangan atau konsultasi silahkan menghubungi Customer Service kami pada nomer Telepon/Fax : 021-88327731/021-5900629.

Cara Memperbaiki Pompa Submersible untuk Industri

PT. Terada Engineering Indonesia
PROSPER WITH WATER
Fax     
Phone 
Email
: info@teradapump.id
: 021-5900629
PT. Terada Engineering Indonesia
Jl. KH. Noer Ali Kalimalang No 98, Setia Darma, Tambun Selatan, Bekasi Kode Pos 17510
: 021-5900629
(c) 2016 PT. Terada Engineering Indonesia. All Rights Reserved