Perhatikan 4 Tips Ini Dalam Memilih Pompa Untuk Industri

Sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan fluida dari tempat tinggi ke tempat rendah identik dengan pompa, maupun sebaliknya. Alat satu ini menerapkan prinsip dorongan agar dapat mengalirkan fluida. Ketika Anda berkunjung ke sebuah industri, maka dapat menjumpai pompa dengan jenis tertentu. Pompa untuk industri jelas memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan kerja sebuah industri. Sehingga bagi Anda yang hendak membeli pompa dengan jenis tertentu untuk industri, perhatikanlah keempat tips di bawah ini.

Perhatikan Detail Jenis Pompa yang dibutuhkan oleh Industri
Pompa untuk industri memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Sehingga Anda tidak boleh asal memilih pompa yang ada di pasaran. Terlebih dahulu Anda mengetahui tujuan Anda membeli pompa. Pastikan Anda tahu jenis pompa apa yang diperlukan oleh industri. Kemudian perhatikan pula detail spesifikasi pada jenis pompa yang hendak Anda beli. Dengan memperhatikan secara detail jenis pompa yang ada, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Ketahui Jenis Fluida pada Industri
Di industri apakah Anda bekerja, apakah industri pangan, industri kimia, atau lainnya. Itu perlu Anda pahami pula saat hendak memilih pompa. Anda perlu mengetahui jenis fluida apa yang hendak dialirkan pada pompa tersebut nantinya. Sehingga pompa yang dipilih dapat disesuaikan dengan jenis fluida pada industri tempat Anda bekerja. Meskipun pompa industri berfungsi untuk mengalirkan fluida, namun tidak semua jenis pompa dapat mengalirkan semua jenis fluida yang ada dalam industri. Ketahuilah bahwa jenis fluida yang ada antara lain adalah fluida dari logam berat, fluida bersifat asam, fluida bersifat basa, fluida bersifat asam dan basa, dan terdapat jenis fluida lainnya.

Hitung Terlebih Dahulu Total Head yang diperlukan
Bagi Anda yang hendak membeli jenis pompa yang harus direndam atau dicelupkan di dalam air, maka sebelumnya lakukan perhitungan terlebih dahulu. Hitunglah “Total Head” yaitu, dengan menjumlahkan jarak horizontal dengan jarak vertikal pada bak penampungan yang ada di industri tersebut. Penting bagi Anda untuk melakukan pengukuran seberapa dalam jarak fluida berada dengan  bak penampungan. Sehingga nantinya kekuatan pompa dapat sesuai dengan kapasitas dan beban fluida di industri Anda. Selanjutnya, perhitungkan pula debit air pada proses kerja industri. Perhitungan debit air juga akan memeprmudah Anda dalam memilih jenis pompa yang benar-benar dibutuhkan oleh industri.

Pilihlah Pompa dengan Daya Listrik yang sesuai Kebutuhan Industri
Jangan sampai dilupakan pula ketika Anda hendak membeli pompa untuk industri. Pastikan Anda memilih pompa dengan ddaya listrik tertentu. Lebih tepatnya adalah Anda memilih pompa dengan daya yang sesuai kebutuhan industri. Jika Anda bingung dalam menentukan daya listrik pada pompa yang dipilih, maka tanyakan langsung pada pihak penjual pompa tersebut. Sehingga nantinya Anda akan memperoleh pompa dengan pilihan yang tepat.

Ketika Anda sudah memiliki pilihan pompa mana yang hendak dibeli, maka jangan lupa pula untuk menyesuaikan anggarannya. Pastikan industri Anda sudah memiliki anggaran untuk membeli pompa. Selain itu juga, mengingat umur fungsi pompa tidak dapat bertahan selamanya, Anda juga perlu menyiapkan anggaran lain. Seperti anggaran untuk perawatan pompa serta anggaran untuk perbaikan pompa ketika mengalami kerusakan. Itulah keempat tips cermat dan tepat yang perlu setiap orang ketahui sebelum membeli pompa. Jika Anda ingin memilih pompa untuk industri yang sesuai kebutuhan, maka pastikan tidak melupakan keempat tips di atas.
PT. Terada Engineering Indonesia
PROSPER WITH WATER
Fax     
Phone 
Email
: info@teradapump.id
: 021-5900629
PT. Terada Engineering Indonesia
Jl. KH. Noer Ali Kalimalang No 98, Setia Darma, Tambun Selatan, Bekasi Kode Pos 17510
: 021-5900629
(c) 2016 PT. Terada Engineering Indonesia. All Rights Reserved